Senin, 27 Oktober 2014

Tata Cara dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik . Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan , Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk), jadi tak salah sebelumnya pula perangkat kurikulum 2013 kita miliki lihat disini
Sebelum melakukan Penilaian Pada Kurikulum 2013 baik SD,SMP dan SMA ada baiknya pahami prinsip dasar yang mesti diterapkan oleh seorang guru dalam melakukan penilaian tersebut.Prinsip  dan Pendekatan Penilian Kurikulum 2013
1.      Sahih
2.      Objektif
3.      Adil
4.      Terpadu
5.      Ekonomis
6.     Transparan
7.      Menyeluruh dan berkesinambungan
8.      Sistematis
9.      Akuntabel
1.      Edukatif
Tata Cara dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013
Sepuluh prinsip terbut merupakan hal dasar yang tak bisa dikesampingkan dalam Penilaian Kurikulum 2013 untuk memberikan hasil terbaik pada siswa atau anak didik kita.  Pada Pendekatan nya ada beberapa aspek yang harus kita jadikan acuan, yaitu :
  1. Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK)
  2. PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
  3. KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
  4. KKM Sikap : Baik  atau B
Pada Pembahasan yang telah lalu kami telah sampaikan tentang Berbagai Jenis Penilaian Pada Kurikulum 2013. baca panduan penilaian Kelas
Rentang Nilai
0.00  ˂      skor    ˂     1,00    = D
1,00  ˂      skor    ≤     1,33    = D+
1,33  ˂      skor    ≤     1,66    = C-
1,66  ˂      skor    ≤     2,00    = C
2,00  ˂      skor    ≤     2,33    = C+
2,33  ˂      skor    ≤     2,66    = B-
2,66  ˂      skor    ≤     3,00    = B
3,00  ˂      skor    ≤     3,33    = B+
3,33  ˂      skor    ≤     3,66    = A-
3,66  ˂      skor    ≤     4,00    = A
Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan, dengan ketentuan minimal : 
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun  pelajaran yang diikuti.
Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada tiga mata pelajaran.Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif. 
Kriteria Kelulusan
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
Lulus ujian sekolah/madrasah; dan
Lulus Ujian Nasional